-->

Pengertian Perencanaan Dakwah

No comments
Zaenal "Abis" Abidin - Pengertian perencanaan dakwah dari sisi manajemen dan menurut Stoner dan Agus Suhandi.
Dalam manajemen, perencanaan dakwah adalah proses mendefinisikan tujuan organisasi, membuat strategi untuk mencapai tujuan, dan mengembangkan rencana aktivitas kerja organisasi. Jadi, perencanaan dalam dakwah yaitu proses pembuatan strategi guna mencapai tujuan dalam dakwah dan pengembangan rencana aktivitas kerja suatu organisasi dakwah. 

Perencanaan merupakan proses penting dari semua fungsi manajemen. Karena, jika tanpa perencanaan fungsi-fungsi lain di dalam pengorganisasian, seperti pengarahan dan pengontrolan tidak akan dapat berjalan.

Menurut Stoner dalam Agus Sabardi (2000:55), perencanaan merupakan kegiatan yang terbagi dalam empat tahap dan berlaku untuk semua kegiatan perencanaan pada unsur organisasi. Empat tahap tersebut disebut sebagai langkah-langkah perencanaan.

Rencana dapat berupa rencana informal atau rencana formal. Rencana informal adalah rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Sedangkan rencana formal adalah rencana tertulis yang harus dilaksanakan suatu organisasi dalam jangka waktu tertentu. Rencana formal merupakan rencana bersama anggota korporasi, artinya, setiap anggota harus mengetahui dan menjalankan rencana itu. Rencana formal dibuat untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan.

pengertian perencanaan dakwah

Related Posts: Pengertian Perencanaan Dakwah

No comments: Pengertian Perencanaan Dakwah