-->

Jenis-Jenis Retorika

No comments
Zaenal "Abis" Abidin - Berikut adalah beberapa macam jenis-jenis retorika, yaitu: retorika deliberitif, retorika, forensic, dan retorika demonstrative.
Jenis-jenis retorika harus diketahui bahkan dipahami oleh seorang pembicara. Karena dalam komunikasi yang efektif, tidak cukup hanya dengan menggunakan satu jenis retorika saja untuk menyampaikan pesan atau mempengaruhi khalayak secara persuasive positif. Di bawah ini ada beberapa jenis retorika menurut Aristoteles, yaitu :

Jenis-Jenis Retorika

Retorika Deliberitif

Retorika Deliberitif adalah jenis retorika yang dirancang untuk memengaruhi khalayak, dalam kebijakan pemerintah.

Jenis-Jenis Retorika

Retorika Forensic

Retorika Forensic adalah jenis retorika yang berkaitan dengan pengadilan, pembicaraan fokus pada keputusan pengadilan.

Jenis-Jenis Retorika

Retorika Demonstrative

Retorika Demonstrative adalah jenis retorika yang mengembangkan wacana yang dapat memuji dan menghujat. Pada umumnya retorika menerapkan retorika demonstrative, untuk mempengaruhi khalayak. 

Dalam hal ini, selain membujuk dengan menggugah emosi, juga menggugah khalayak secara logis sesuai kondisi dan situasinya. Oleh sebab itu, kondisi dan situasi khalayak harus dikenal dan dipahami sebaik-baiknya sebelum berpidato atau menyampaikan pesan.

Jadi, seorang pemmbicara harus memahami dan menggunakan berbagai jenis retorika agar terciptanya komunikasi yang efektif. Selain menggunakan beberapa jenis retorika seperti yang tertulis di atas, ada baiknya pula jika kita menggunakan beberapa bentuk retorika Rasulullah ketika beliau menyampaikan dakwahnya pada masa itu. 

Related Posts: Jenis-Jenis Retorika

No comments: Jenis-Jenis Retorika

Blog Archive