-->

Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO ?

16 comments
Zaenal "Abis" Abidin - Ada yang bilang template blog dapat mempengaruhi popularitas blog dan kualitas SEO. benarkah?
Semenjak saya mencari artikel materi tentang Optimasi SEO, sempat timbul sebuah pertanyaan "Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO?" di benak saya. Sebelum menjawab sendiri, kucoba untuk mencari jawaban dari pertanyaan "Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO?" di benak saya melalui mesin pencari Google. Alhasil, saya mendapatkan banyak pertanyaan yang bervariasi terkait pertanyaan tersebut.

Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO? ada yang mengatakan benar dan adapula yang mengatakan tidak benar. Sedangkan berdasarkan pengamatan saya pribadi terhadap banyak situs blog yang saya kelola termasuk zaeblog dan situs blog dari para blogger lainnya adalah antara benar dan tidak benar.

Jawaban benar untuk pertanyaan "Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO?". Menurut saya, segala perubahan (konten maupun tampilan) pada blog akan mempengaruhi kualitas SEO pada blog tersebut. Dampak baik buruknya kualitas SEO sebuah blog, tergantung berdasarkan prubahan yang terjadi.  Misal, untuk perubahan kualitas kata kunci atau keywords sebuah blog terjadi pada perubahan kata kunci yang digunakan pada konten. Maka daripada itu banyak blogger yang mengatakan bahwa niche sebuah blog adalah penting. Sedangkan untuk penampilan/ template, akan berdampak positif jika perubahan yang terjadi adalah sebuah optimasi yang jelas-jelas akan membantu naiknya kualitas SEO, hal ini disebut Optimasi SEO On Page (peng-optimalan tag heading blog maupun meta tag descriptions dan keyword, dsb.). Dan perubahan template akan berdampak negatif jika sebaliknya.

Pembahasan di atas sebenarnya tidak sama dengan apa yang dibahas para blogger lainnya melalui situsnya masing-masing. Jadi apa yang dibahas? yang dibahas adalah tata letak konten posting dan tata letak sidebar. Sebagian blogger mengatakan tata letak konten posting di sebelah kiri dan sidebar di sebelah kanan lebih relevan dan efektif untuk mendapatkan dampak positif kualitas SEO suatu blog, dan sebaliknya jika tata letak konten posting di sebelah kanan akan berdampak negatif. Sedangkan sebagian blogger lainnya lagi mengatakan hal tersebut tidak benar, karena tata letak sidebar di sebelah kanan hanyalah salah satu posisi strategis untuk penempatan iklan dan memiliki peluang lebih banyak klik yang diperoleh (kursos mouse cenderung datang dari sebelah kanan).

Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO? Dengan rasa penasaran ingin mengetahui jawaban yang sebenarnya, akhirnya saya memberanikan diri untuk mencoba tata letak baru (sidebar di sebelah kiri dan konten di sebelah kanan) yang berbeda dengan penampilan sebelumnya. Untuk menunggu hasilnya, silakan berikan pendapat saudara tentang permasalahan ini berupa komentar di bawah. Terima kasih atas partisipasi saudara/i.

Related Posts: Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO ?

16 comments: Benarkah Template Blog Mempengaruhi SEO ?

  • nice info gan...

    kunjung balik ya gan opetarihsima.blogspot.com
    • kalok template saya gimana mas?seo friendly atau tidak?
      • Seribuan Satu, maaf gan saya belum sempat meng-analisa template seribuan satu dikarenakan ada hal yg mesti saya selesaikan,. Mungkin lain waktu,, #zaeblog
        • Nilai dong gan,,,apa yang seperti template saya ini yang SEO Friendly???Kalau ia,,,bisa sedot langsung disini!!!
          • Artikel anda terlalu memaksakan kata kunci,yg terlalu sering diulang dan membuat isi halaman ini terkesan maksa, walopun memang bagus dr segi seo, namun kurang nyaman jika dibaca pengunjung karena di awal2 kontent terlalu muter2 menggunakan kata kunci yg relevan ,Maaf jika saya lancang namun inilah yg saya alami, jika memang gak mau di munculkan coment saya ya silahkan :) hanya argumentasi saja kok Admin

            bdw thx atas artikel2nya. Membantu kami juga
            and I will be right back ^_*
            • template sy ganti bsa 2 x sebulan tp tetep sj tdk ada perubahan ,yg penting meta tage tdk di rubah2
              • memang masih jadi pertanyaan sih mas mana yang bener. kalau saya sih semua benar. apakah template yang sidebarnya kiri atau kanan tetep aja yang dibaca SE adalah titlenya. kalau title atau artikelnya di sebelah kiri biasanya dibaca lebih cepat. itu analisis newbie sih. tapi untuk masalah site link seperti google, sya sudah mencoba bahkan memposting artikel yang menjelaskan bahwa beda template beda juga jenis sitelink dari google. Entah apa bedanya aku juga gak begitu memahaminya.
                • hmmm,, memang banyak benarnya kata mas SEO BLOGGER.
                  Jika hal ini (letak sidebar) benar-benar memiliki pengaruh, menurut ane mungkin tata letak kode sidebarnyalah yg akan mempengaruhinya. Karena jika tata letak kode sidebar didahulukan namun tampaknya terletak di sebelah kanan, maka lebih cepat sidebar dari pada posting yang terbuka terlebih dahulu.. ya ini pun pendapat newbie dari pengalaman bukan newbi koding,, hhe
                  • Menurut saya template seo bisa ya dan tidak. Sebagai contoh saya pernah membuat template untuk seorang klien tanpa perubahan tag serta meta desk dan keyword yang tidak otomatis. Tetapi apa yang terjadi? blog tersebut pertumbuhan trafiknya dinamis, pelan tapi pasti.

                    Namun saya lebih setuju template berperan penting terhadap hasil serp. terutama dari segi kecepatan dan tag nya. serta kerampingan coding yang mempengaruhi kecepatan baca browser
                    • mas katanya sidebar di kanan lebih SEO dari pada sidebar dikiri ya ???
                      • saya tidak bisa menjamin akan hal tersebut gan, karena saya sering menjumpai situs-situs blog bersidebar kiri di halaman ten TOP mesin pencari..

                        Menurut saya, yang terpenting adalah bagaimana peletakkan kodenya. Walaupun sidebar tampil di sebelah kiri namun kodenya di bawah konten entry/ post, maka yang terbuka terlebih dahulu adalah entry bukan sidebar. (menurut saya neh gan)
                        • oohh begitu ya mas makasih ya hehehe...
                          • numpang di sini deh, pengen kecipratan pertamax, konon saya pernah baca, meta tag dah bukan hal penting lagi buat google, berbeda dengan tag heading yg masih cukup berpengaruh, benar atau tidaknya, tentu anda lebih tau, klo sempat, saya berharap kunjung baliknya ke http://lizwana.blogspot.com/
                            • yups, saya juga pernah membaca artikel yang menyatakan bahwa meta tag bukan lagi suatu faktor SEO yang WOW lagi,, untuk masalah benar atau tidaknya, pengalamanlah yang akan menjawabnya. Mungkin meta tag bukan lagi sesuatu yang WOW di mata google, namun di mata bing dan yahoo sebaliknya.

                              Satu lagi, menurut saya untuk menjadi komentator tidak harus kecipratan pertamax deh,, wkwkkw..
                              • kalau saya sih mas, bukan template, bukan juga meta tag. tapi banyaaaaaak Backlink. :D
                                • maaf mas, tapi pertanyaannya adalah, "benarkah template blog mempengaruhi kualitas SEO?"

                                  bukan "Apa faktor yang memiliki pengaruh besar terhadap kualitas SEO?" :D hehe