-->

Cara Menggunakan Windows Movie Maker (Software Video Editing)

9 comments
Zaenal "Abis" Abidin - Bagaimana cara menggunakan software video editing dari windows yang bernama Windows Movie Maker? dan Bagaimana cara memasukkan video ke dalamnya?
Beberapa akhir ini saya sedang mempelajari teknik editing video. Setelah saya browsing sana browsing sini, kemudian saya ingat bahwa windows telah menyediakan software untuk mengedit video secara gratis. Software editing video dari windows ini bernama Windows Movie Maker.

Lihat hasil editing saya: http://www.youtube.com/watch?v=4fWJkSnADKshttp://www.youtube.com/watch?v=BJw5dNG_FAM, dan http://www.youtube.com/watch?v=iMCb7XB_cwc

Dengan windows movie maker, kita khususnya saya sebagai pemula bisa membuat karya berupa video. Adapun beberapa fungsi yang bisa kita manfaatkan dari software atau program editing video ini diantaranya, yaitu: memotong video menjadi beberapa video, menggabungkan beberapa video menjadi satu video, menambahkan teks ke dalam video, menyisipkan audio/ suara/ musik ke dalam video, merubah gambar menjadi suatu video, dan masih banyak lagi fungsi-fungsi video movie maker lainnya yang bisa dimanfaatkan.

Jika ada sumur di ladang, bolehkah kiranya saya menumpang mandi? Mudah-mudahan jika umur saya panjang, saya akan membahas tentang editing video dengan menggunakan windows movie maker dan software video editing lainnya lagi di lain waktu dan tentunya di posting berikutnya. So, if you want learn with me, stay tuned..

Cara Menjalankan dan Memasukkan Video ke Software Windows Movie Maker

Pada kesempatan kali ini, saya hanya membahas tutorial dasar dari Windows movie maker terlebih dahulu, yaitu: cara menjalankan windows movie maker.

Cara menjalankan Windows Movie Maker:

  • Klik Windows Start
  • Klik All Programs
  • Klik Windows Movie Maker

Setelah program editing video windows sudah dibuka, pastinya seluruh fungsinya sudah dapat kita jalankan. Selanjutnya adalah bagaimana cara memasukkan video yang akan kita edit? ikuti langkah berikut di bawah ini.

Cara Memasukkan Video di Windows Movie Maker:

  • Klik Import Video pada menu Movie Tasks bagian 1. Capture Video.
  • Keluar kotak dialog Import Media Items.
  • Cari video yang hendak kita edit atau yang akan menjadi proyek editing. Klik dua kali (double click) apada video yang akan diedit.
  • Selesai.

Tonton Video tutorialnya disini: http://www.youtube.com/watch?v=6o2b4PzDAMo


Setelah video dimasukkan ke dalam program ini, kita bisa mengeditnya semau kita tentunya. Selain fungsi-fungsi yang sempat saya sebutkan di atas,  menghilangkan adegan tertentu pada video, menambahkan credit title seperti film-film maupun video clips. Tutorial selanjutnya akan kita bahas pada kesempatan berikutnya dengan kategori Windows Movie Maker.

Related Posts: Cara Menggunakan Windows Movie Maker (Software Video Editing)

9 comments: Cara Menggunakan Windows Movie Maker (Software Video Editing)