-->

Susahnya Menurunkan Bounce Rate

2 comments
Zaenal "Abis" Abidin - Penyebab nilai bounce rate bengkak dan solusi serta cara menurunkan nilai bounce rate dari saya yang belum bisa mengatasi permasalahan bounce rate tersebut.
Sejak awal saya mengenal dan berkecimpung di dunia blogging, satu hal yang masih belum bisa saya atasi adalah menurunkan rasio pentalan pengunjung atau yang sering disebut dengan istilah Bounce Rate.

Apa itu bounce rate?

Sederhananya, bounce rate adalah sebuah penilaian bagaimana pengunjung/ visitor sebuah situs menilai situs yang dikunjunginya secara tidak langsung. Semakin lama dan banyak halaman yang dibuka (pageview), maka semakin kecil pula nilai bounce rate situs tersebut.

Faktor-faktor yang mempengaruhi bounce rate?

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi besar kecilnya nilai bounce rate, dan faktor-faktor tersebut (menurut saya) adalah diantarnaya sebagai berikut;

#1 Visitor/ Pengunjung

Jelas dan tentu visitor adalah faktor utamanya, karena visitorlah yang secara tidak langsung memberikan nilai ini yang hasilnya akan dijumlahkan dan dihitung oleh tool analytics.

Nah, dipoin berikutnya kita akan membahas bagaimana visitor mempengaruhi nilai bounce rate. Hal tersebut terdapat pada faktor internal situs yang dikunjunginya.

#2 Visitor Menutup Tab Halaman

Menutup tab halaman situs yang dikunjungi adalah pilihan terakhir dan mungkin adalah sala satu pilihan tepat baginya untuk mendapatkan apa yang dicari. Ya, visitor tidak mendapatkan apa yang dia cari, itulah penyebab mereka menutup tab yang telah dibukanya ketika melihat Search Result di mesin penelusur online. atau

#3 Visitor Kembali Ke Halaman Sebelumnya

Jika visitor membuka halaman dari hasil penelusuran dengan cara "open link new tab" maka nomor 2 yang akan terjadi. Namun jika visitor membuka hasil di self tab, maka inilah yang akan mereka lakukan, menekan tombol kembali ke halaman sebelumnya.

#4 Visitor Membuka Link Eksternal dan Keluar

Jika situs yang dikunjunginya menautkan link eksternal atau link rujukan yang akan membawanya keluar dari situs tersebut, maka tidak menutup kemungkinan inilah yang akan terjadi dan mereka lakukan.

Solusi agar tidak terjadi hal ini, gunakan tag target _blank agar visitor tidak meninggalkan situs anda ketika mereka membuka link eksternal yang anda tautkan.

Solusi Menurunkan Nilai Bounce Rate

Terkait dengan beberapa poin di atas, maka permasalahan utama situs tersebut adalah ISI atau KONTENnya. Dan inilah yang belum bisa saya atasi dari diri saya secara pribadi di dunia blogging.

Secara, saya bukan penulis apalagi mahir merangkai kata sebagaimana layaknya penulis, juga saya bukan seseorang yang pandai memberikan solusi (lah ini apa?). Mungkin kinilah saatnya untuk mencoba meminimalisir kekurangan tersebut.

Jadi, solusi agar nilai bounce rate menurun dan menjadi kecil adalah dengan cara;
  • Memberikan informasi akurat untuk pengunjung,
  • Memberikan konten berkualitas yang bermanfaat untuk pengunjung, dan
  • Menyuguhkan informasi dan konten lain yang berkaitan dengan konten yang pengunjung dapatkan dari perujuknya (misal, mesin pencari atau sosial media).
  • next,, anda mau berbagi dengan kami di sini..?? tulis melalui kolom komentar di bawah... :D

Related Posts: Susahnya Menurunkan Bounce Rate

2 comments: Susahnya Menurunkan Bounce Rate