-->

Masalah Peta Situs di Alat Webmaster Google, De-Index (Bukan Tips)

2 comments
Zaenal "Abis" Abidin - Permasalhan peta situs di alat webmaster Google ini membuat Zaenal Abis Blogs mengalami de-index (bukan tips)
Kemarin setelah mencoba menanam backlink untuk postingan "5 manfaat related post untuk SEO blog" di (kurang lebih) 15 situs social bookmark, iseng-iseng cek posisi SERP posting tersebut. Alhasil ternyata posisi serp posting tersebut berbeda dengan hasil yang sempat saya jadikan contoh di postingan "kesalahan sepele ini dapat mencegah peningkatan SERP Google".

Setelah ditelusuri lebih dalam lagi sampai di akhir hasil penelusuran, ternyata posting tersebut berada di halaman tiga (3). Entah sekarang berada di posisi ke berapa dan di halaman berapa. Selidik demi selidik secara acak postingan Zaenal Abis Blogs di SERP, ternyata banyak postingan yang tidak terindex oleh Google, alias de-index. Akhirnya bingung dan galaulah yang kurasakan. Bagaimana tidak, posting-posting yang biasanya mendatangkan cukup banyak pengunjung/ visitor tiba-tiba lenyap dari peredaran SERP. Alhasil, pengunjung Zaenal Abis Blogs sejak kemarin hanya berjumlah kurang lebih 30 visitor bahkan tidak sampai sejumlah itu.

Masalah Peta Situs di Alat Webmaster Google

Saya cek di alat webmasternya Google, http://www.google.com/webmasters, ternyata ada pesan untuk domain www.za-e.com yang berjudul "http://www.za-e.com/: possible outages", dengan isi pesan:
Dear owner or webmaster of http://www.za-e.com/
While crawling your site, we have noticed an increase in the number of transient soft 404 errors around 2013-09-20 18:00 UTC (London, Dublin, Edinburgh). Your site may have experienced outages. These issues may have been resolved. Here are some sample pages that resulted in soft 404 errors:
  • http://www.za-e.com/2012/01/14-pengertian-filsafat-menurut-14-tokoh.html
  • http://www.za-e.com/2012/01/mengganti-judul-blogspot-dengan-logo.html
  • http://www.za-e.com/2012/03/jenis-jenis-kartu-member-alfamart.html?m=1
For more information, see our Help Center:
Soft 404 error

Sepertinya dikarenakan terjadi galat URL 404 yang disebabkan perpanjangan domain Zaenal Abis Blogs yang telat. Akan tetapi satu hal yang saya pertanyakan adalah, jika memang itu penyebabnya, kenapa hingga saat ini belum terselesaikan permasalahannya. Padahal setelah domain aktif kembali, saya telah mengirim ulang peta situs blog ini. Berikut adalah screenshoot peta situs yang saya kirim kembali:

Masalah Peta Situs di Alat Webmaster Google, De-Index

Dilihat dari gambar di atas terdapat beberapa peringatan yang dipertegas dengan simbol berwarna orange dan rincian masalahnnya. Setelah saya klik pada link masalah "6/5/4/7 peringatan", hasilnya seperti berikut:

Masalah Peta Situs di Alat Webmaster Google, De-Index

Nah loh, tambah bingung setelah melihat rincian permasalahannya. Saya cek URL/Link yang tertaut disetiap rincian permasalahan, namun saya tidak kunjung menemukan permasalahan seperti yang dijelaskan oleh alat webmaster google.

Barangkali ada diantara kalian yang membaca posting ini dan mengetahui penyelesaian masalah ini, saya harap uluran tangan anda untuk memberikan sedikit pencerahan untuk saya. Terima kasih sebelumnya. :/

Related Posts: Masalah Peta Situs di Alat Webmaster Google, De-Index (Bukan Tips)

2 comments: Masalah Peta Situs di Alat Webmaster Google, De-Index (Bukan Tips)