-->

Sejarah Retorika Pada Masa Rasulullah

No comments
Zaenal "Abis" Abidin - Sejak zaman Rasulullah SAW bahkan sebelumnya, retorika sudah berkembang dengan pesat. Berikut sejarah singkat retorika pada masa Rasulullah SAW>
Sejarah retorika pada masa Rasulullah secara singat bisa saudara temukan di zaedotcom terutama pada posting kali ini yang bertema sejarah retorika pada masa Rasulullah. Berikut adalah sejarah singat tentang retorika pada masa Rasulullah :

Sejak zaman Yunani - Romawi, retorika mengalami perkembangan hingga akhirnya demokrasi romawi mengalami kemunduran akibat retorika persuasif yang bersifat negative yang menyebabkan retorika dianggap sebagai kesenian jahiliyah. Banyak orang Kristen pada abad pertengahan melarang untuk mempelajari retorika yang dirumuskan oleh orang Yunani- Romawi. Hal ini disebabkan karena mereka beranggapan bahwa orang yang memeluk agama Kristen memiliki kemampuan untuk menyampaikan kebenaran.

Satu abad kemudian muncul suatu peradaban baru di timur. Tidak diherankan jika al-Qur'an diturunkan pada suatu bangsa yang sangat mencintai sastra terutama dalam bentuk puisi. Gaya bahasa yang dipakai di dalam surat-surat makiyah berbeda dengan surat-surat madaniyyah. Secara umum, gaya bahasa makkiyah lebih diwarnai corak yang keras dan panas dan mengajak bicara kepada hati, serta menentang kesombongan, hal ini tercermin dalam surat asy-Syu’araa. Sedangkan gaya bahasa madaniyah tenang dan tekanan suara yang nyaman, mengajak dialog kepada akal. Dengan demikian terasa jelas dalam Al-Quran tentang retorika. 

Sastra merupakan salah satu bentuk kehormatan bagi mereka, seorang pujangga sangat dihormati, dikenal pada masa ini. Sastra sejak masa jahiliyah telah menjadi unsur pembangunan kebudayaan, dan akan sangat merugikan jikalau hal ini sampai dihapuskan.Tradisi ini digunakan untuk menyebarluaskan agama salah satunya melalui seni. Tradisi ini dipraktekkan sejak zaman rasul. “ berilah mereka nasihat dan berbicaralah kepada mereka dengan pembicaraan yang menyentuh jiwa mereka” (Qs 4:63).

Jadi, bentuk retorika gaya bahasalah yang sangat menonjol pada masa Rasulullah. Sebagaimana yang telah dijelaskan tentang bentuk retorika gaya bahasa dan bentuk retorika lainnya pada entri bentuk-bentuk retorika Rasulullah. Dan demikianlah sejarah singkat tentang retorika pada masa Rasulullah. Semoga bermanfaat dan berguna bagi saudara yang sedang ingin mengetahui tentang sejarah retorika pada masa Rasulullah.

Related Posts: Sejarah Retorika Pada Masa Rasulullah

No comments: Sejarah Retorika Pada Masa Rasulullah

Blog Archive